Kurikulum SD Ar Rafi’ BHS dirumuskan dan dikembangkan dari sumber yang kita yakini kebenarannya yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rasul serta kisah Rasul dalam mensyi’arkan Islam.

Landasan Operasional Kurikulum SD Ar Rafi’ BHS:

  1. Lulusan Ar Rafi’ menjadi sosok Abdullah yang ulil albab, calon pemimpin/ khalifah di masa depan sebagai pewaris Rasul Muhammad SAW yang mampu memakmurkan masyarakat dan lingkungan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang dicontohkan Rasul Muhammad SAW.

Konsep Pendidikan SD Ar Rafi’ BHS:

  1. Membangun Generasi Unggul
    • Pendidikan memfasilitasi peserta didik untuk menjadi seorang mukmin yang memiliki ilmu, sehingga dijanjikan Allah SWT untuk ditingkatkan derajatnya, atau diunggulkan diantara manusia. (QS. Al Mujaadillah [58] : 11)
    • Memberdayakan manusia menjadi muslim yang kaaffah, sosok manusia yang berperibadi integral (integrated personality) yang satu kesatuan antara nilai dan sikap, ucapan dan perbuatannya. (QS. Al Baqarah [2]: 208)
  2. Membangun Kecerdasan Berpikir
    Konsep Pendidikan Ar Rafi’ membangun kecakapan proses berpikir ilmiah (scientific thinking) atau berpikir menggunakan metoda ilmiah (scientific method).
  3. Membangun Akhlak Mulia
    • Konsep pendidikan Ar Rafi’ membangun sosok muttaqien.
    • Nilai-nilai keimanan kepada Allah SWT yang dijadikan landasan dalam berbuat dan bertindak, perbuatan dan tindakan yang dilakukan umat Muslim atas perintahNya.
    • Al Qur’an sebagai landasan pendidikan.
  4. Membangun Kecakapan Hidup
    Mencetak generasi yang kompeten, yaitu orang yang berilmu yang mengamalkan ilmunya dalam kehidupan dengan landasan nilai-nilai iman, sehingga berdampak Rahmatan Lil Alamin
  5. Membangun Pemimpin Masa Depan
    • Pada hakikatnya setiap manusia adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinanannya. Setiap kalian adalah pemimpin, dan kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya (H.R. Bukhori).
    • Manusia sebagai pemimpin minimal harus mampu memimpin dirinya sendiri.
    • Kepemimpinan dalam Islam pertama kali dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Kegiatan Pembelajaran

Kelas 1 dan Kelas 2

Waktu Kegiatan
07.00 – 07.20 Kegiatan Literasi
07.20 – 08.00 Ikrar, pembiasaan ibadah (Sholat Dhuha, Dzikir, Muraja’ah/Tahfidz/Mahfudzot/Mufrodat/doa harian)
08.00 – 09.00 Pembelajaran Ke-1
09.00 – 09.30 Istirahat ke-1 (meal time)
09.30 – 10.30 Pembelajaran Ke-2
10.30 – 11.30 Pembelajaran Ke-3
11.30 – 12.30 ISHOMA
12.30 – 14.00 Ekstrakurikuler Wajib
Pembelajaran dengan pendekatan tematik yang bersumber pada Al Qur’an dan Hadist.
Hari Jum’at pukul 13.00 – 16.00 WIB dilaksanakan ekstrakurikuler pilihan.

 
Kelas 3 s.d. Kelas 6

Waktu Kegiatan
07.00 – 07.20 Kegiatan Literasi
07.20 – 08.00 Ikrar, pembiasaan ibadah (Sholat Dhuha, Dzikir, Muraja’ah/Tahfidz)
08.00 – 09.00 Pembelajaran Ke-1
09.00 – 09.30 Istirahat ke-1 (meal time)
09.30 – 11.00 Pembelajaran Ke-2
10.00 – 12.00 Pembelajaran Ke-3
12.00 – 13.00 ISHOMA
13.00 – 14.00 Pembelajaran Ke-3 (pengembangan diri)
14.00 – 15.00 Ekstrakurikuler Wajib
Pembelajaran bilingual untuk mata pelajaran IPA dan Matetamatika dan tetap bersumber pada Al Qur’an dan Hadist.
Hari Jum’at pukul 13.00 – 16.00 WIB dilaksanakan ekstrakurikuler pilihan